Minggu, 09 November 2014

Ilmu Sosial Dasar (Pertemuan Ke-2)

Tugas 3 - Pendapat/Pandangan Mengenai Stratifikasi Sosial di Indonesia




I. Pengertian Stratifikasi Sosial

Menurut pendapat saya, pengertian stratifikasi sosial adalah penggolongan tingkatan status seseorang berdasarkan ukuran(unsur) yang mempengaruhinya. Contoh di dalam masyarakat kita dapat menjumpai orang-orang yang termasuk golongan kaya, sedang dan miskin. Contoh lain di sebagian daerah di Indonesia yang masih menganut sistim kerajaan kita dapat menjumpai adanya seorang raja/sultan. Penggolongan itulah yang disebut stratifikasi sosial(pelapisan sosial) di mana seseorang yang memiliiki status tinggi lebih dihormati daripada yang lain.

II. Jenis-Jenis Stratifikasi Sosial di Indonesia

Jenis stratifikasi sosial dibagi menjadi 2 macam, yaitu :

1. Stratifikasi sosial yang terjadi dengan sendirinya

Beberapa ukuran yang digunakan untuk menempatkan seseorang dalam strata tertentu pada stratifikasi yang terjadi dengan sendirinya di antaranya adalah sebagai berikut :
  1. Kepandaian seseorang
  2. Tingkat umur atau aspek senioritas
  3. Harta atau kekayaan
  4. Keturunan
Dari poin pertama yaitu berdasarkan kepandaian seseorang, saya mengambil salah satu contoh dari poin tersebut dalam lingkungan perkantoran, bahwa seseorang yang memiliki kepandaian(berpendidikan) dengan sendirinya sudah pasti disegani/dihormati oleh anggota kantornya. Contohnya direktur akan dihargai lebih tinggi daripada pegawai lain. Tidak hanya di dalam lingkungan kantor, tetapi di berbagai lingkungan pun juga seseorang yang memiliki tingkat kepandaian lebih tinggi pasti dihormati.

Dari poin kedua yaitu berdasarkan tingkat umur(senioritas), saya mengambil salah satu contoh dari poin tersebut dalam lingkungan kampus. Contohnya mahasiswa dengan tingkatan kelas yang sudah tinggi(senior) pasti dihormati oleh mahasiswa kelas di bawahnya karena sebagai cerminan bahwa senior sudah lebih berpengalaman dari mahasiswa di bawahnya.

Dari poin ketiga yaitu berdasarkan harta kekayaan, saya mengambil salah satu contoh dari poin tersebut dalam lingkungan masyarakat, bahwa orang yang memiliki harta dalam jumlah yang besar akan menempati posisi teratas dalam penggolongan masyarakat berdasarkan kriteria ini.

Dari poin keempat yaitu berdasarkan keturunan, saya mengambil salah satu contoh stratifikasi sosial yang terjadi dengan sendirinya di Indonesia yaitu pada masyarakat kerajaan, di mana orang yang masih keturunan raja akan menempati lapisan yang tertinggi dan disegani oleh masyarakatnya.

2. Stratifikasi sosial yang sengaja disusun untuk mengejar tujuan tertentu

Stratifikasi sosial yang sengaja disusun untuk mengejar tujuan-tujuan tertentu biasanya berkaitan dengan pembagian kekuasaan dan wewenang dalam suatu organisasi formal(resmi), seperti birokrasi pemerintah, universitas, sekolah, partai politik, perusahaan dan lain sebagainya.

Dalam stratifikasi sosial yang sengaja disusun terdapat berbagai cara untuk menentukan atau menetapkan kedudukan seseorang dalam strata tertentu, antara lain sebagai berikut :
  1. Upacara peresmian atau pengangkatan
  2. Pemberian lambang atau tanda-tanda kehormatan
  3. Pemberian nama-nama jabatan atau pangkat
  4. Sistem upah atau gaji berdasarkan golongan atau pangkat
  5. Wewenang dan kekuasaan yang disertai pembatasan-pembatasan dalam pelaksanaannya
Dari poin keempat, sebagai contohnya dalam pemberian nama-nama jabatan atau pangkat pada kepangkatan Tentara Nasional Indonesia. Seperti jenderal besar, letnan jenderal, dan lainnya. Seseorang yang memiliki pangkat tertinggi memiliki status sosial yang paling dihormati.

III. Kesimpulan & Saran

Kesimpulan :
  • Pendangan saya mengenai stratifikasi sosial di Indonesia kesimpulannya stratifikasi sosial yang ada di Indonesia itu diterapkan dalam masyarakat untuk menyeimbangkan dalam hal pembagian hak-hak dan kewajiban serta tanggung jawab dalam pembagian nilai-nilai sosial dan pengaruhnya di antara para anggota masyarakat tersebut. Agar terciptanya kesejahteraan dan kedamaian.
  • Selama dalam masyarakat ada sesuatu yang dihargai, maka dengan sendirinya stratifikasi sosial akan terjadi.
Saran :
  • Bagi seseorang yang dihormati, hargailah pribadi yang menghormati dan janganlah bersikap otoriter atau egois.
  • Bagi seseorang yang menghormati, hormatilah dengan bijak tanpa ada rasa dengki.

Sumber/Referensi :


Tidak ada komentar:

Posting Komentar