Rabu, 15 November 2017

Artikel Pribadi Mengenai Penulisan Ilmiah (PI)


Judul             : Pembuatan Animasi Luapan Lahar Dingin pada Pengembangan
                       Game Simulasi Mitigasi Bencana Erupsi Gunung Berapi
                       Menggunakan Unity 5.0.1
Pembimbing : Rosdiana, SKom., MMSI.

Sampai saat ini, saya belum menyelesaikan sepenuhnya penulisan ilmiah yang seharusnya sudah saya selesaikan sewaktu semester 6 kemarin. Alasan saya belum menyelesaikannya pertama adalah saya ingin benar-benar fokus mata kuliah pada semester 6 tersebut untuk mencapai target saya, yaitu mendapat nilai A untuk semua mata kuliah dan alhamdulillah target saya itu tercapai walaupun harus mengorbankan penulisan ilmiah ini.

Alasan yang kedua yaitu rasa malas pastinya yang selalu menghampiri, rasa malas ini diartikan karena saya termasuk pribadi yang ingin menyelesaikan sesuatu di satu tujuan terlebih dahulu, seperti pada alasan saya yang pertama tadi. Malas tersebut hanya terbatas untuk tujuan lain yang belum saya prioritaskan, yaitu penulisan Ilmiah ini. Jika sewaktu semester kemarin saya membalikkan ingin menyelesaikan penulisan ilmiah terlebih dahulu, maka rasa malas akan timbul untuk mengikuti perkuliahan di semester 6 dengan baik.

Penulisan ilmiah yang saya kerjakan ini merupakan pengembangan dari skripsi mahasiswa gunadarma angkatan 2011 atas nama Priyanto Tantowi dengan judul skripsinya “Pembuatan Animasi Lahar Dingin pada Game Simulasi Mitigasi Erupsi Gunung Berapi”. Jika diperhatikan bahwa tema dari penulisan tersebut adalah game yang berkategori simulasi. Game Simulasi Mitigasi Bencana Erupsi Gunung Berapi merupakan sebuah SKIM Penelitian Unggulan Perguruan Tinggi (PUPT) oleh Sulistyo Puspitodjati, Crispina Pardede dan Henny Widowati. Game tersebut merupakan proyek pada Laboratorium Pengembangan Pengolahan Citra (LPPC) yang telah dikembangkan oleh beberapa rekan atau asistem di laboratorium tersebut. 

Gambar tersebut merupakan output dari skripsi mahasiswa Gunadarma angkatan 2011 atas nama Priyanto Tantowi. Skripsinya berupa pembuatan animasi lahar dingin yang turun dari puncak gunung kemudian mengalir ke bawah hingga akhirnya terbendung di dalam sungai seperti pada gambar di atas. Untuk itu, pengembangan yang akan saya lakukan yaitu lahar dingin yang terbendung di sungai tersebut meluap ke arah pemukiman warga.

Progress penulisan yang sudah saya lakukan sejauh ini sampai penulisan Bab 1 (Pendahuluan) mengenai latar belakang, tujuan, dan metode penelitian yang digunakan serta baru ingin memulai pembuatan Bab 3 (Pembahasan). Insya Allah sebelum UTS semester 7 ini saya sudah menyelesaikan Penulisan Ilmiah ini. Berikut ringkasan dari penulisan ilmiah yang telah saya kerjakan dan gambaran yang akan saya kerjakan :

1.   Latar Belakang
Pembuatan game ini memiliki latar belakang berdasarkan peristiwa bencana erupsi gunung berapi yang masih banyak menelan korban jiwa dan mengakibatkan kerugian materiil. Untuk itu diperlukan sebuah edukasi yang lebih intensif mengenai mitigasi(usaha penyelamatan) dari bencana gunung berapi tersebut, yakni berupa pelatihan dengan memberikan simulasi menggunakan Game Simulasi. Sehingga dengan game simulasi tersebut diharapkan masyarakat lebih mengetahui langkah apa saja yang harus mereka lakukan apabila sewaktu - waktu bencana ini terjadi, lebih khususnya pada kasus luapan lahar dingin yang telah meluap dan masuk ke area pemukiman warga desa.

2.   Tujuan
Berdasarkan latar belakang tersebut, maka tujuan penulisan saya ini tidak lain adalah membuat animasi yang diharapkan dapat diterapkan pada pengembangan game simulasi mitigasi bencana erupsi gunung berapi, dan diharapkan pula dapat memberikan gambaran sekaligus pembelajaran kepada masyarakat agar lebih mengetahui bagaimana luapan lahar dingin itu terjadi ketika memasuki pemukiman warga.

3.   Metode Penelitian yang Digunakan
1.   Requirement, pengumpulan informasi dari permasalahan yang terkait.
2.   Analisis, peninjauan ulang secara lebih mendalam terhadap elemen yang menjadi penelitian, yaitu luapan lahar dingin.
3.   Design, perancangan animasi luapan lahar dingin.
4.   Implementasi, menerapkan animasi luapan lahar dingin tersebut ke dalam game simulasi versi terakhir yang telah dikembangan)
5.   Testing, yaitu hasil penelitian diujicobakan untuk melihat apakah berjalan baik atau tidak.

4.   Software yang Digunakan
Game Simulasi Mitigasi Bencana Erupsi Gunung Berapi ini dibuat menggunakan beberapa software seperti berikut:
-      Windows 7 Ultimate 64Bit Operating System
-      Make Human 1.0.2
-      Blender 2.70.
-      GIMP 2.82.
-      Adobe Photoshop CS6.
-      Adobe AfterEffect CS6.
-      Audacity
-      Unity 5.0.1
Adapun software yang digunakan untuk penulisan saya ini adalah:
-      Windows 10 64Bit Operating System
-      Unity 5.0.1
-      Adobe Photoshop CS5
-      Adobe Illustrator CS5
-      StarUML

5.   Kelebihan Aplikasi
·         Menggunakan konsep CFD (Computational Fluid Dynamics) dengan memanipulasi suatu gambar yang ada untuk kemudian gambar tersebut dilakukan scripting agar menjadi animasi (moving texture).  
·         Output animasi luapan lahar dingin yang dihasilkan hampir mendekati seperti aslinya.

6.   Persiapan Promosi
Karena aplikasi ini dikembangkan oleh banyak orang, maka persiapan promosi aplikasi game simulasi yang nantinya saya akan coba lakukan yaitu pertama saya bersama-sama akan mendiskusikan terlebih dahulu tujuan dari promosi aplikasi ini dengan pelopor PUPT game ini, tentunya untuk mendatangkan profit(keuntungan). Setelah menentukan tujuan, langkah kedua menentukan target promosi yang cocok dan yang membutuhkan aplikasi ini, karena aplikasi ini bersifat edukasi umum, maka target promosi pertama lebih ditujukan ke lembaga-lembaga pemerintahan desa agar nantinya aplikasi ini dapat disuluhkan oleh lembaga desa ke masyarakatnya, mengapa demikian, karena masyarakat yang bertempat tinggal di daerah pegunungan yang seharusnya lebih membutuhkan. Target promosi yang lain ditujukan ke lembaga-lembaga pendidikan seperti sekolah agar guru dapat menyuluhkan ke para siswanya.

 Setelah menentukan target promosi, selanjutnya menentukan waktu promosi yang tepat. Untuk aplikasi ini tidak ada kriteria khusus waktu promosi yang tepat, yang terpenting waktu promosi aplikasi ini dilangsungkan kapan saja jika aplikasi tersebut memang siap untuk dipublikasikan, lebih cepat lebih baik. Selanjutnya terakhir menentukan media promosinya, media promosi yang saya ingin saya lekaukan melalui dua cara, yang pertama secara online melalui sebuah web e-commerce dan yang kedua melalui kepingan CD yang didistribusikan ke toko-toko buku atau toko aksesoris komputer.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar