Judul : Pembuatan Animasi Luapan Lahar
Dingin pada Pengembangan
Game Simulasi Mitigasi Bencana Erupsi Gunung Berapi Menggunakan Unity 5.0.1
Pembimbing : Rosdiana,
SKom., MMSI.
|
Sampai saat ini, saya belum
menyelesaikan sepenuhnya penulisan ilmiah yang seharusnya sudah saya selesaikan
sewaktu semester 6 kemarin. Alasan saya belum menyelesaikannya pertama adalah saya
ingin benar-benar fokus mata kuliah pada semester 6 tersebut untuk mencapai
target saya, yaitu mendapat nilai A untuk semua mata kuliah dan alhamdulillah
target saya itu tercapai walaupun harus mengorbankan penulisan ilmiah ini.
Alasan yang kedua yaitu rasa malas
pastinya yang selalu menghampiri, rasa malas ini diartikan karena saya termasuk
pribadi yang ingin menyelesaikan sesuatu di satu tujuan terlebih dahulu, seperti
pada alasan saya yang pertama tadi. Malas tersebut hanya terbatas untuk tujuan
lain yang belum saya prioritaskan, yaitu penulisan Ilmiah ini. Jika sewaktu
semester kemarin saya membalikkan ingin menyelesaikan penulisan ilmiah terlebih
dahulu, maka rasa malas akan timbul untuk mengikuti perkuliahan di semester 6
dengan baik.
Penulisan ilmiah yang saya kerjakan ini
merupakan pengembangan dari skripsi mahasiswa gunadarma angkatan 2011 atas nama
Priyanto Tantowi dengan judul skripsinya “Pembuatan Animasi Lahar Dingin pada Game
Simulasi Mitigasi Erupsi Gunung Berapi”. Jika diperhatikan bahwa tema dari
penulisan tersebut adalah game yang berkategori simulasi. Game Simulasi
Mitigasi Bencana Erupsi Gunung Berapi merupakan sebuah SKIM Penelitian Unggulan
Perguruan Tinggi (PUPT) oleh Sulistyo Puspitodjati, Crispina Pardede dan Henny
Widowati. Game tersebut merupakan proyek pada Laboratorium Pengembangan
Pengolahan Citra (LPPC) yang telah dikembangkan oleh beberapa rekan atau
asistem di laboratorium tersebut.
Gambar tersebut merupakan output dari
skripsi mahasiswa Gunadarma angkatan 2011 atas nama Priyanto Tantowi.
Skripsinya berupa pembuatan animasi lahar dingin yang turun dari puncak gunung
kemudian mengalir ke bawah hingga akhirnya terbendung di dalam sungai seperti
pada gambar di atas. Untuk itu, pengembangan yang akan saya lakukan yaitu lahar
dingin yang terbendung di sungai tersebut meluap ke arah pemukiman warga.
Progress penulisan yang sudah saya lakukan
sejauh ini sampai penulisan Bab 1 (Pendahuluan) mengenai latar belakang,
tujuan, dan metode penelitian yang digunakan serta baru ingin memulai pembuatan
Bab 3 (Pembahasan). Insya Allah sebelum UTS semester 7 ini saya sudah menyelesaikan
Penulisan Ilmiah ini. Berikut ringkasan dari penulisan ilmiah yang telah saya
kerjakan dan gambaran yang akan saya kerjakan :
1. Latar
Belakang
Pembuatan game ini memiliki
latar belakang berdasarkan peristiwa bencana erupsi gunung berapi yang masih
banyak menelan korban jiwa dan mengakibatkan kerugian materiil. Untuk itu
diperlukan sebuah edukasi yang lebih intensif mengenai mitigasi(usaha
penyelamatan) dari bencana gunung berapi tersebut, yakni berupa pelatihan
dengan memberikan simulasi menggunakan Game Simulasi. Sehingga dengan game
simulasi tersebut diharapkan masyarakat lebih mengetahui langkah apa saja yang
harus mereka lakukan apabila sewaktu - waktu bencana ini terjadi, lebih
khususnya pada kasus luapan lahar dingin yang telah meluap dan masuk ke area
pemukiman warga desa.
2. Tujuan
Berdasarkan
latar belakang tersebut, maka tujuan penulisan saya ini tidak lain adalah membuat
animasi yang diharapkan dapat diterapkan pada pengembangan game simulasi
mitigasi bencana erupsi gunung berapi, dan diharapkan pula dapat memberikan
gambaran sekaligus pembelajaran kepada masyarakat agar lebih mengetahui
bagaimana luapan lahar dingin itu terjadi ketika memasuki pemukiman warga.
3. Metode
Penelitian yang Digunakan
1. Requirement, pengumpulan informasi dari
permasalahan yang terkait.
2. Analisis, peninjauan ulang secara lebih
mendalam terhadap elemen yang menjadi penelitian, yaitu luapan lahar dingin.
3. Design, perancangan animasi luapan lahar
dingin.
4. Implementasi, menerapkan animasi luapan lahar
dingin tersebut ke dalam game simulasi versi terakhir yang telah dikembangan)
5. Testing, yaitu hasil penelitian diujicobakan
untuk melihat apakah berjalan baik atau tidak.
4. Software
yang Digunakan
Game Simulasi Mitigasi Bencana Erupsi Gunung Berapi ini
dibuat menggunakan beberapa software seperti berikut:
-
Windows
7 Ultimate 64Bit Operating System
-
Make
Human 1.0.2
-
Blender
2.70.
-
GIMP
2.82.
-
Adobe
Photoshop CS6.
-
Adobe
AfterEffect CS6.
-
Audacity
- Unity 5.0.1
Adapun software yang digunakan untuk
penulisan saya ini adalah:
-
Windows
10 64Bit Operating System
-
Unity
5.0.1
-
Adobe
Photoshop CS5
-
Adobe
Illustrator CS5
-
StarUML
5. Kelebihan
Aplikasi
·
Menggunakan
konsep CFD (Computational Fluid Dynamics) dengan memanipulasi suatu gambar yang
ada untuk kemudian gambar tersebut dilakukan scripting agar menjadi animasi (moving texture).
·
Output
animasi luapan lahar dingin yang dihasilkan hampir mendekati seperti aslinya.
6. Persiapan
Promosi
Karena aplikasi
ini dikembangkan oleh banyak orang, maka persiapan promosi aplikasi game
simulasi yang nantinya saya akan coba lakukan yaitu pertama saya bersama-sama
akan mendiskusikan terlebih dahulu tujuan dari promosi aplikasi ini dengan
pelopor PUPT game ini, tentunya untuk mendatangkan profit(keuntungan). Setelah
menentukan tujuan, langkah kedua menentukan target promosi yang cocok dan yang
membutuhkan aplikasi ini, karena aplikasi ini bersifat edukasi umum, maka
target promosi pertama lebih ditujukan ke lembaga-lembaga pemerintahan desa
agar nantinya aplikasi ini dapat disuluhkan oleh lembaga desa ke masyarakatnya,
mengapa demikian, karena masyarakat yang bertempat tinggal di daerah pegunungan
yang seharusnya lebih membutuhkan. Target promosi yang lain ditujukan ke
lembaga-lembaga pendidikan seperti sekolah agar guru dapat menyuluhkan ke para
siswanya.
Setelah menentukan target promosi, selanjutnya
menentukan waktu promosi yang tepat. Untuk aplikasi ini tidak ada kriteria
khusus waktu promosi yang tepat, yang terpenting waktu promosi aplikasi ini
dilangsungkan kapan saja jika aplikasi tersebut memang siap untuk
dipublikasikan, lebih cepat lebih baik. Selanjutnya terakhir menentukan media
promosinya, media promosi yang saya ingin saya lekaukan melalui dua cara, yang
pertama secara online melalui sebuah web e-commerce dan yang kedua melalui
kepingan CD yang didistribusikan ke toko-toko buku atau toko aksesoris
komputer.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar